Entri Populer

Jumat, 29 April 2011

Harga Sebuah Komitmen






Berapakah harga komitmen?
Bagi saya, Harganya tak ternilai dan SANGAT BESAR!.
Dalam sebuah hubungan apapun diperlukan komitmen. Dan yang menjadi pertanyaan komitmen seperti apa yang kita butuhkan.
Apa arti sebuah  komitmen?
Sebagian mungkin mengetahui apa arti komitmen dan bagaimana komitmen itu berjalan.
Anda disebut berkomitmen “when you are willing to give your time and energy to something that you believe in, or a promise or firm decision to do something” — Cambridge Advanced Learner’s Dictionary
Ketika kita mau memberikan waktu dan energi untuk sesuatu yang kita yakini, atau sebuah janji, atau sebuah keputusan bulat untuk melakukan sesuatu. Semua orang mempunyai keterbatasan waktu dan energi, tetapi dengan komitmen yang baik, waktu dapat “dibuat” dan energi dapat “dikumpulkan”.
Komitmen berarti perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu – Kamus Besar Bahasa Indonesia
Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang membulatkan hati dan tekad demi mencapai sebuah tujuan, sekalipun ia belum dapat mengetahui hasil akhir dari tujuan tersebut. Berjerih payah dan berkorban demi menyelesaikan tujuannya, sekalipun semua orang meninggalkannya.
Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang rela meninggalkan segala sesuatu yang berharga demi memenuhi panggilan hidupnya, walau harga yang harus dibayar tidak sedikit dan medan yang ditempuh tidak ringan.
Apakah komitmen sama dengan janji ?
Hampir semua manusia mengikat diri dalam komitmen antar manusia sebagai bentuk kebutuhan yang mendasar. Komitmen dalam pernikahan, dalam pekerjaan, hingga bisnis.
Komitmen jauh lebih dijunjung tinggi daripada sebuah janji. Ingkar janji untuk hal sepele saja sudah dianggap bersifat buruk, apalagi hilangnya komitmen.
Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang memikul resiko dan konsekuensi dari keputusannya tanpa mengeluh, dan menjalaninya dengan penuh rasa syukur sebagai bagian dari kehidupan yang terus berproses.
Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang berani setia dan percaya, meski harapannya tidak kunjung terpenuhi dan tidak ada yang dapat dijadikan jaminan olehnya.
Apakah ketika seorang suami/istri yang tergoda dengan bukan pasangannya adalah juga merupakan bentuk mengingkari komitmen dan janji. Hmmm…
Komitmen adalah sesuatu yang melampaui segala bentuk perbedaan, perselisihan dan pertengkaran. Ia tidak dapat dihancurkan oleh kekurangan, kelemahan maupun keterbatasan lahiriah, karena ketika kita berani mengikatkan diri dalam sebuah komitmen, kita telah ‘mati’ terhadap kepentingan diri sendiri.
Belajar berkomitmen adalah sebuah sikap dan keharusan yang harus kita lalui dalam jalan kehidupan kita.
“In the final analysis, commitment means: ‘Here I am. You can count on me. I won’t fail you.”

Tidak ada komentar: